Optimistik Menyambut Mahasiswa Baru Dalam Masa Pandemi Covid 19

Pendidikan merupakan keniscayaan bagi masyarakat, hak kewarganegaraan dan tentu hak azasi manusia. Pendidikan telah bergerak menjadi kebutuhan yang  mendekati tingkat primer yang selama ini berada pada tingkat sekunder. Masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sandang pangan semakin dipengaruhi oleh pendidikan. Lemahnya pendidikan dapat merupakan bagian yang mengancam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Bahkan, pendidikan merupakan bagian utama dalam berbagai aspek  kehidupan.

            Pandangan di atas merupakan komitmen Fisipol UWM untuk senantiasa melaksanakan pendidikan di bawah Yayasan Mataram dalam berbagai aktivitas, baik akademik maupun non akademik. Pelaksanaan pendidikan yang juga senantiasa mampu beradaptasi dalam berbagai aspek perubahan, termasuk dalam keadaan masa pandemi covid-19 pada saat ini.

            Masa pandemi ini Fisipol UWM tetap melakukan beberapa adaptasi  kegiatan, baik pengajaran pendidikan, penelitian maupun aktivitas yang bersentuhan dengan masyarakarat. Aktivitas pendidikan menggunakan basis teknologi informasi secara online sebagian dan sebagiannya dengan offline sembari tetap mempertahankan standar akademik yang baik.

            Mahasiswa baru pun dalam waktu semusim ini akan berlangsung dan merupakan kebanggaan Kami untuk menyambut kehadiran generasi baru yang memiliki kemauan serta cita-cita mempersiapkan serta meraih masa depan melalui pendidikan tinggi  meski pun dalam masa pandemi. Memang pendidikan sebagai kebutuhan yang berkaitan berbagai aspek kehidupan harus terus dijalani dengan beradaptasi dalam situasi dan kondisi yang masih sulit sebagai dampak masa pandemi.

            Kami memahami dan bisa merasakan situasi dan kondisi demikian sehingga Kami juga telah beradaptasi dalam penyelenggaraan pendidikan agar cita-cita bahkan prestasi mahasiswa senantiasa terbuka untuk dicapainya. Meski pun, Kami juga mengalami situasi dan kondisi kesulitan namun, sebagai komitmen maka Kami berusaha keras keberlangsungan pendidikan tetap berjalan dengan baik.

            Beberapa bentuk adaptasi Kami dalam menyambut mahasiswa baru dan menjalankan pendidikan, maka yang utama membangun persepsi, motivasi serta semangat senantiasa bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan pada seluruh sumber daya manusia di Fisipol. Standarisasi pelayanan pendidikan kepada mahasiswa dengan dukungan informasi dan teknologi (IT), senantiasa diberikan yang terbaik,  baik pembelajaran, penyusunan tugas akhir, ujian semester dan akhir maupun pelaksanaan wisuda sebanyak dua kali dalam setiap tahun kalender akademik.

               Di samping adaptasi sumber daya manusia, baik bagi para dosen maupun tenaga kependidikan serta pelayanan pendidikan, baik melalui IT maupun secara langsung di kampus, juga kesigapan para pengurus dalam penanganan masalah, pengambilan kebijakan yang tetap berdaya guna dan berdaya cepat. Kesigapan demikian hanya bisa dijalankan dengan dukungan koordinasi, konsolidasi, komunikasi yang baik serta tanggung jawab tugas pokok pada masing-masing pengurus.

            Kami mempersiapkan yang sebaik-baiknya dengan optimis  dalam menyambut kehadiran mahasiswa baru dalam berbagai aspek sehingga pendidikan berlangsung dengan lancar dan memenuhi capaian yang tertuang dalam visi, misi, tujuan, sasaran serta program kerja program studi dalam satu kesatuan kelembagaan Fisipol.

Terima kasih.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *